Tentang CoE


Center of Excellence

Membangun desa menjadi Center of Excellence

 

(pusat layanan unggulan desa), dapat dikembangkan atasdasar inovasi dan pengetahuan yang bersumber dari unsur unsur fungsional yaitu fungsional peneliti(pengembangan hasil research untuk inovasi desa, penggerak swadaya masyarakat (pengembangan modul pelatihan) dan fungsional statistisi (basis data layanan unggulan desa) yang ada pada lingkup Kementerian Desa, PDT, dan dapat disupport oleh akademisi (perguruan tinggi) dan pihak swasta atau NGO. Secara operasional teknis desa dapat dikembangkan oleh unit teknis di lingkungan Kementerian Desa, PDTT sebagai upaya intervensi dalam penguatan desa.

Secara struktur penguatan desa 

 

ketika dijadikan pusat unggulan layanan desa harus disupport untuk mengembangkan inovasi inovasi agar desa menjadi berdaya saing dan dapat memberikan layanan pembelajaran baik dari pengetahuan lokal (local genius) maupun inovasi inovasi modern yang dapat dijadikan unggulan desa. Inventarisasi inovasi inovasi desa selama ini untuk dijadikan kekuatan pusat unggulan layanan desa, berbentuk media informasi (youtube, modul modul dll).

Pendidikan dan pelatihan berkualitas bagi masyarakat desa

 

merupakan salah satu faktor kunci”, desa dalam menanggulangi kemiskinan, oleh karena itu daya saing serta kualitas pendidikan dan pelatihan desa menjadi dasar Pusat Unggulan Layanan (Centre of Excellence) ditujukan sebagai wadah pembelajaran bagi petani atau masyarakat antar desa, atau antar negara sehingga mereka bisa saling beIajar dan mereplikasi praktik-praktik keberlanjutan yang telah diraih petani lain yang sudah sukses,”.